11 Kuliner khas Ramadhan yang Kerap Disajikan saat Berbuka Puasa

Pada setiap bulan Ramadhan, ada beragam makanan dan minuman yang biasanya selalu hadir untuk disajikan sebagai menu saat berbuka puasa. Makanan dan minuman ini identik dengan menu yang punya cita rasa manis, gurih, serta segar. Kuliner ini banyak di temukan pada setiap daerah terutama saat bulan ramadhan, biasanya di jajakan di pinggir pinggir jalan.

Sahabat travelaku penasaran, mari, simak deretan kuliner khas bulan suci Ramadhan yang bisa menjadi referensi santapan kamu untuk berbuka puasa. Berikut daftarnya di bawah ini.

1. Kolak menu buka puasa yang legendaris


Kolak atau kolek adalah makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren. Kolak dikenal sebagai hidangan khas bulan Ramadan karena kemunculannya banyak ditemukan pada saat bulan puasa.


2. Sup buah segar dan manis rasanya menyegarkan

Sup buah adalah sebuah sup yang disiapkan menggunakan buah sebagai bahan utama, dan bisa disajikan hangat atau dingin sesuai selera. 

3. Es buah dengan beragam banyak buah yang segar

Es buah merupakan salah satu minuman segar yang banyak dijual saat bulan Ramadhan. Salah satu ciri es buah ialah kuahnya yang bening dan segar. Umumnya, kuah es buah terbuat dari air rebusan gula, sirop, dan juga susu.


"Mau Makan Enak Disini Saja"


4. Es kelapa muda yang segar dan mudah dibuat

Es kelapa muda atau es degan adalah minuman segar penyejuk dahaga yang terbuat dari daging dan air kelapa yang masih muda.

5. Es pisang ijo rasanya lembut dan legit

Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Disajikan dengan menambahkan es, sehingga menjadi segar dinikmati.


6. Es blewah penghilang dahaga

Saat menjalankan ibadah puasa pada cuaca panas seperti pada siang hari ini, rasanya akan sangat melegakan ketika kita minum segelas es blewah sebagai takjil untuk buka puasa. es blewah juga pastinya akan terasa sangat segar dan nikmat. Selain itu, es blewah juga dipercaya dapat meningkatkan stamina dan mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berpuasa selama seharian penuh.

7. Es timun suri yang menyegarkan

Seperti blewah, buah ini juga mendadak hits ketika bulan puasa. Minuman berbahan dasar timun suri ini kemudian bertebaran dan dijajakan oleh para penjual takjil. Meski bernama ‘timun’, buah yang satu ini berbeda jauh dengan mentimun atau timun yang kita kenal. Timun suri punya aroma sangat harum, tekstur buah empuk, rapuh, dan berpasir, serta rasa yang hambar. Oleh sebabnya, minuman dari olahan timun suri akan menggunakan aneka pemanis yang cukup pekat, seperti sirup atau gula cair.

8. Buah Kurma yang manis penuh banyak nutrisi

Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar. Kurma menjadi menu berbuka puasa yang sangat nikmat karena manisnya banyak nutrisi.


9. Manis Gurihnya Bubur Candil

Bubur candil adalah bubur yang terbuat dari ubi, tepung sagu, yang dicampur gula kemudian dinikmati dengan kuah santan yang gurih. Perpaduan rasa manis dan gurih sangat menggoda lidah sehingga mudah disukai banyak orang.


10. Bubur kacang ijo yang enak dan sehat

Bubur kacang hijau, atau sering disingkat burjo, adalah bubur manis Indonesia (variannya juga banyak ditemui Asia Tenggara) yang terbuat dari kacang hijau (kacang hijau), santan, dan gula aren atau gula tebu. Kacang dimasak dengan direbus sampai lunak, kemudian ditambahkan gula dan santan.


11. Susu Kurma yang legit kaya nutrisi

Susu kurma adalah olahan buah kurma yang menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi buah kurma mengandung karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium. Sementara itu, susu kaya akan lemak, protein, dan segudang vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan D. Susu kurma sangat nikmat di sajikan untuk menu berbuka puasa, selain rasanya yang manis, susu kurma juga kaya nutrisi.

Sahabat travelaku, menu apa yang sering di hidangkan untuk berbuka puasa? yuks tulis hidangan kesukaan sahabat travelaku di kolom komentar, terima kasih.

11 Kuliner khas Ramadhan yang Kerap Disajikan saat Berbuka Puasa

1 komentar:

 
Pesene Lewat WhatsApp
Datane Kulo
Tumbas Jajanan
KIRIM