10 Kuliner Khas Lebaran, cita rasa kenikmatan yang menggoda.

Lebaran atau Idulfitri identik dengan silaturahmi dan sajian makanan yang beragam. Makanan yang selalu ada setiap lebaran adalah ketupat dan opor ayam. Tapi, di berbagai daerah di Indonesia, ada juga menu khas mereka  yang menjadi sajian lebaran.  
Lebaran adalah salah satu hal yang selalu ditunggu-tunggu setelah menjalani puasa bulan Ramadan. Momen dimana semua keluarga akan berkumpul dan menikmati suasana khas lebaran lengkap dengan sajiannya yang khas


Berikut daftar sajian menu lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang mungkin ingin Anda cicipi juga tahun ini:

1.    Ketupat

Berbicara soal makanan khas Lebaran di Indonesia, ketupat merupakan salah satu ikon kuliner terpopuler yang sangat identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Kuliner khas Lebaran di Nusantara berupa beras yang dimasak dalam bungkusan anyaman daun kelapa muda. Saking populernya makanan khas Lebaran Indonesia satu ini, ornamen ketupat bahkan menjadi bagian dari dekorasi hari Lebaran yang cukup populer.

2.    Opor Ayam

Untuk melengkapi santapan ketupat di hari Lebaran, ada berbagai pilihan lauk dan hidangan khas Lebaran lainnya. Salah satunya adalah opor ayam. Makanan khas Lebaran satu ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan kuah santan yang dibumbui beragam rempah ini menjadi pasangan yang pas dan lezat untuk disantap bersama ketupat pada hari raya Idul Fitri.

3.    Sambal Goreng Ati

Makanan khas Lebaran di Indonesia selanjutnya adalah sambal goreng ati, lauk lainya yang bisa melengkapi sajian ketupat di hari Lebaran. Sama halnya dengan opor ayam, kuliner khas Idul Fitri ini terbuat dari ragam rempah yang dimasak bersama ati dan sayur seperti buncis atau kentang.

4.    Rendang

Rendang adalah kuliner khas asal Padang yang popularitasnya bahkan sudah mendunia. Meskipun sangat mudah ditemukan setiap harinya di restoran-restoran Padang, rendang juga menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang kerap disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat.

5.    Semur Daging

Alternatif sajian untuk melengkapi ketupat pada hari Lebaran selain rendang adalah semur daging. Sajian semur daging pada hari raya Idul Fitri sangat populer di kalangan masyarakat Jakarta dan terkadang tak hanya menggunakan daging sapi namun juga telur ayam dan potongan kentang.

6.    Gulai Tewel atau Nangka

Gulai Tewel atau Nangka muda adalah salah satu menu yang ada saat lebaran. Di daerah tertentu Gulai ini menjadi lauk yang dimakan bersama dengan ketupat saat lebaran. Jadi jika tidak ada daging kita bisa mengganti dengan menu yang satu ini rasanya pun sangat nikmat.

7.    Rawon

Salah satu menu ini juga sering kita jumpai saat lebaran loh. Masakan Indonesia yang berkuah hitam dengan campuran berbagai bumbu khas dan buah kluwek membuatnya memiliki cita rasa sendiri.

8.    Soto Ayam

Soto ayam merupakan salah satu kuliner Indonesia yang memiliki berbagai varian rasa berbeda di setiap daerah. Namun pada dasarnya soto ayam sendiri merupakan makanan yang berkuah kuning dilengkapi dengan suwiran ayam didalamnya. Kuah kuning soto ayam sendiri terbuat dari kunyit yang diparut atau diblender.

9.    Kastengel

Kastengel menjadi salah satu kue yang sering kita jumpai saat lebaran. Kue kering yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan asin karena kandungan keju yang digunakan untuk membuatnya. Sehingga kue ini sangat disukai anak kecil.

10.  Nastar

Kue kering lainnya yang dapat kita jumpai saat lebaran adalah nastar. Berbeda dengan kastengel yang memiliki rasa gurih nan asin, nastar justru memiliki rasa yang manis. Kue ini juga menjadi salah satu kegemaran anak-anak kecil saat lebaran loh. Biasanya nastar, kastengel dan beberapa kue lainnya sering dijadikan parsel untuk diberikan kepada saudara atau teman dekat.

Selain menu makanan tersebut, tentunya masih banyak lagi makanan khas lebaran lainnya yang bisa kamu temukan di berbagai daerah. Dan tentunya memiliki cita rasa yang tersendiri dan khas. 

Hal itulah yang membuat kita semua ingin mudik dan berkumpul hari raya bersama keluarga besar. 

Editor : Alifa Rahma Qonita



10 Kuliner Khas Lebaran, cita rasa kenikmatan yang menggoda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Pesene Lewat WhatsApp
Datane Kulo
Tumbas Jajanan
KIRIM